Pedoman/Juknis PKB 2018 PDF

Pedoman/Juknis PKB 2018 (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)  dapat diartikan ebagai tindak lanjut dari kegiatan UKG/Uji Kompetensi Guru pemerintah menyelenggarakan program diklat/PKB yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan tugasnya melalui peningkatan kompetensi baik pedagogik maupun profesional, serta memiliki performa sebagai pendidik dan pemimpin bagi peserta didiknya dengan sasaran program yaitu guru mata pelajaran, guru kelas, guru BK/BP, guru Sekolah Menengah Kejuruan dan untuk semua jenjang pendidikan. Untuk itu perlu dibuat Petunjuk Teknis supaya kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai dengan tujuan program.
Pedoman/Juknis PKB 2018 PDF
Pedoman/Juknis PKB 2018 PDF
Keberhasilan dalam mengupayakan pelaksanaan Program Diklat Guru ditentukan oleh kesungguhan semua pihak dalam melaksanakan program. Program Diklat merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kompetensi guru secara berkelanjutan sehingga dapat melakukan pembelajaran yang menarik dan berinovasi sesuai kebutuhan materi yang diajarkan. Program Diklat Guru belum sepenuhnya menjangkau keseluruhan guru dikarenakan terbatasnya anggaran. Oleh karena itu, Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota serta pihak terkait lainnya hendaknya terlibat dalam rangka meningkatkan kompetensi guru.

Di dalam Pedoman/Juknis PKB 2018 terdapat prinsip dasar pelaksanaan program yang perlu dipahami oleh guru sebelum melaksanakan diklat PKB guru berikut ini penjelasannya.

Program dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku, baik yang diselenggarakan di Pusat, provinsi maupun di kabupaten/kota.

Program merupakan upaya Pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan dan oleh karenanya program ini berpedoman pada Standar Kompetensi Guru dan Skema Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level IV.

Pengelolaan Program Diklat harus memenuhi standar program yang ditetapkan meliputi: mekanisme kegiatan, kompetensi narasumber nasional, kompetensi instruktur nasional, modul yang digunakan, bahan/alat, tempat pelaksanaan, kepanitiaan, dan kelulusan.

Hasil UKG guru TK, SD, SLB, SMP, SMA, dan SMK tahun 2017 dan hasil UKK guru kejuruan digunakan sebagai acuan pelaksanaan program diklat. Pemetaan data hasil UKG digunakan untuk mengelompokkan guru per kelas, per mata pelajaran, dan penentuan modul yang akan dipelajari, sedangkan pemetaan data hasil UKK digunakan untuk pengelompokan guru per klaster. Di samping itu, pemetaan data hasil UKG dan UKK digunakan sebagai acuan untuk menentukan tempat dan target waktu pelaksanaan, menyediakan fasilitas dan instruktur yang kompeten.

Proses perencanaan dan pelaksanaan mulai dari persiapan, pelaksanaan sampai dengan pelaporan dilakukan secara terbuka dan transparan serta dapat diketahui semua pihak yang berkepentingan.

Proses dan hasil Program dapat dipertanggungjawabkan kepada pemangku kepentingan pendidikan secara administratif, finansial, dan akademik. Kredibilitas dari pelaksanaan proses dan hasil program dapat dipercaya semua pihak.

Semua guru pada setiap sekolah diharapkan akan mengikuti Program Diklat. Untuk mensukseskan penyelenggaraan Program Diklat serta pertimbangan akan adanya keterbatasan dana di Pusat, maka diharapkan Pemerintah Daerah dapat membantu dan berkontribusi dalam mengalokasikan dana melalui APBD sehingga kekurangan tersebut dapat diatasi.

Demikian tadi pembahsan singkat mengenai Juknis/Pedoman PKB (Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) tahun 2018. Semoga bermanfaat bagi Bapk/Ibu selaku pendidik dan pengembang pendidikan di negara Indonesia.

0 Response to "Pedoman/Juknis PKB 2018 PDF"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel