Modul/Materi Akuntansi Perusahaan Manufaktur K13 Kelas XI & XII SMK

Modul/materi akuntansi perusahaan manufaktur  K13/kurikulum 2013 kelas XI dan XII SMK semester 1 dan 2 adalah media pembelajaran sebagai penunjang proses kegiatan belajar mengajar pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Materi paket keahlian akuntansi ini terdiri atas dua materi pokok yaitu materi profesional dan materi pedagogik. Masing-masing materi dilengkapi dengan tujuan, indikator pencapaian kompetensi, uraian materi, aktivitas pembelajaran, latihan dan kasus, rangkuman, umpan balik dan tindak lanjut, kunci jawaban serta evaluasi pembelajaran.
Modul/Materi Akuntansi Perusahaan Manufaktur  K13 Kelas XI & XII SMK
Modul/Materi Akuntansi Perusahaan Manufaktur  K1

Pengertian Perusahaan Manufaktur
Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi yang siap dijual atau dipasarkan ke konsumen. Adapun jenis pengeluaran di perusahaan manufaktur untuk mengolah bahan baku menjadi barang setengah jadi atau barang jadi meliputi 3 unsur:
  • Biaya pemakaian bahan baku
  • Biaya tenaga kerja langsung
  • Biaya produksi lainnya, yaitu biaya diluar dari bahan baku dan tenaga kerja langsung.
Terminologi Biaya
Istilah biaya atau cost adalah merupakan pengorbanan sumber ekonomi atau modal dapat diukur dengan nilai uang baik yang sudah terjadi (masuk ke dalam akun beban), ataupun yang belum terjadi (masuk ke dalam akun harta) untuk tujuan pengambilan keputusan.
Kemudian selama proses produksi berlangsung dengan menggunakan mesin produksi tentunya perusahaan akan menghitung beban penyusutan. Penghitungan beban penyusutan bisa dilakukan setiap bulan atau tahunan atau berdasarkan unit yang dihasilkan. Inilah yang disebut expense.

Perbedaaan antara Cost dengan Expense
Istilah Cost bisa dipakai untuk istilah biaya atau harga pokok atau harga perolehan atau harga beli. Di akuntansi manufaktur istilah cost sama dengan biaya. Sedangkan expense dipakai untuk istilah beban.
Kalau “cost” indentik dengan nilai barang modal yang dibeli, kalau expense indentik dengan nilai barang modal yang sudah terpakai atau susut.

Klasifikasi Biaya
Penggolangan biaya pada perusahaan manufaktur terdiri atas:
  • Berbasis elemen produk (bahan, tenaga kerja dan overhead pabrik)
  • Berbasis keterlacakan dengan produk (biaya langsung dan biaya tak langsung)
  • Berbasis hubungannya dengan produksi (biaya prima dan biaya konversi)
  • Berbasis hubungannya dengan volume (biaya variabel, biaya tetap)
  • Berbasis area fungsional ( biaya produksi, biaya pemasaran dan biaya administrasi)
  • Berbasis Periode dibebankan pada pendapatan (biaya produk dan biaya periode)
Pencatatan Transaksi
Pencatatatn transaksi pada perusahaan manufaktur intinya meliputi biaya-biaya produksi yang harus dicermati. Terutama perlakuan terhadap bahan penolong dan biaya tenaga kerja tidak langsung serta pencatatan BOP lainnya.

Laporan Keuangan
Seperti halnya perusahaan dagang dan jasa perusahaan manufaktur juga memeliki metode laporan keuangan yang terdiri : Laporan biaya produksi adalah tahapan pertama dalam menyusun laporan keuangan perusahaan manufaktur, adapun data yang harus ada sebagai berikut:
  • Data pemakaian biaya baku
  • Data pemakaian biaya tenaga kerja langsung
  • Data pemakaian biaya overhead pabrik
  • Data persediaan produk dalam proses awal
  • Data persediaan produk dalam proses akhir
Laporan laba rugi pada perusahaan manufaktur adalah laporan tahapan ke dua dalam menyusun laporan keuangan setelah anda mengerjakan laporan biaya produksi. Laporan neraca pada perusahaan manufaktur adalah laporan tahapan ke empat dalam menyusun laporan keuangan setelah anda mengerjakan laporan modal atau laba akhir. Laporan arus kas pada perusahaan manufaktur adalah laporan tahapan ke lima dalam menyusun laporan keuangan setelah anda mengerjakan laporan neraca.

Untuk lebih lengkapnya silahkan download modulnya dibawah ini.
Download Modul/Materi Akuntansi Perusahaan Manufaktur  K13
Demikian tdi penjelasan singkat mengenai modul/materi akuntansi perusahaan manufaktur  K13/kurikulum 2013 kelas XI dan XII SMK.

0 Response to "Modul/Materi Akuntansi Perusahaan Manufaktur K13 Kelas XI & XII SMK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel