Cara Tarik Peserta Didik Baru/PD Online Dapodik 2019 (Dapodikdasmen)

Cara tarik peserta didik baru/PD Dapodik 2019 merupakan pembaharuan Dapodikdasm terbaru secara online , meskipun ada perubahan pada fitur ini tetapi caranya masih sama seperti di semester 1/ganjil tahun pelajaran 2018/2019 yaitu masih menggunakan alur/ proses semester sebelumnya hanya saja dengan tampilan beranda lebih berbeda dan baru.
Cara Tarik Peserta Didik Baru/PD Online Dapodik 2019 (Dapodikdasmen)
Cara Tarik Peserta Didik Baru/PD Online Dapodik 2019 (Dapodikdasmen)
Salah satu syarat utama tarik peserta didik baru yaitu siswa yang akan ditarik atau dimutasi tidak harus sudah diluluskan dari tingkat pendidikan sebelumnya karean Dapodik untuk beberapa waktu yang lalu masih mengali perbaikan data.

Cara Tarik Peserta Didik Baru Dapodik Versi 2019
  • Untuk mengakses aplikasi ini, kunjungi laman dibawah ini https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id
  • Pilih Kelola Data yang terletak dibagian atas pojok sebelah kanan.
  • Isikan username dan password aplikasi Dapodik sekolah masing-masing, kemudian Login.
  • Setelah berhasil login rekan-rekan OPS akan diarahkan ke tampilan menu halaman utama (beranda). Cek informasi kebenaran data sesuai dengan data sekolah rekan-rekn OPS, seperti (Nama Sekolah, NPSN, Kecamatan, Kab/Kota, Kepala Sekolah, Operator, dan Sinkron data terakhir). Jika sudah yakin benar, pilih Kelola Data Pokok untuk melakukan proses tarik atau menambah peserta didik baru.
  • Pilih fitur Peserta Didik kemudian pilih Tambah Peserta Didik.
  • Pilih Tarik PD Dapodik di bagian sumber data selanjutnya mengisi/ memilih kab/kota, provinsi, sekolah asal dan kecamatan, data tersebut berdasarkan keadaan sekolah selanjutnya pilih Tampilkan maka data peserta didik yang sudah lulus akan muncul.
  • Cari/ pilih nama peserta didik yang akan di isi pada Dapodik 2019 kemudian centang kotak yang berada tepat disebelah di kiri data peserta didik dan Simpan.
Untuk efisiensi proses pengisian data input aplikasi dapodikdasmen versi 2019.a melakukan penambahan fitur proses kelulusan bersama bagi siswa tingkat akhir seluruh jenjang pendidikan. Sekolah yang sudah melakukan registrasi pada Dapodikdasmen dapat langsung melihat data peserta didik yang telah lulus pada menu “PD Keluar”. Sedangkan bagi peserta didik yang tidak lulus dapat dibatalkan dengan melakukan proses batalkan agar dapat di petakan kedalam rombongan belajar.

Demikian tadi cara tarik peserta didik baru Dapodik versi 2019. Semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "Cara Tarik Peserta Didik Baru/PD Online Dapodik 2019 (Dapodikdasmen)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel