Juknis Pendataan Peserta UN 2019 PDF Tahun Pelajaran 2018/2019 (SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK)

Juknis Pendataan Peserta UN 2019 SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK PDF merupakan petunjuk teknis yang digunakan sebagai pedoman dalam mendata siswa calon peserta Ujian Nasional tahun pelajaran 2018/2019 tingkat  pendidikan dasar dan menengah yang ditujukan untuk semua pihak terkait di tingkat provinsi, kota/kabupate,  lembaga sekolah/madrasah. Juknis ini mempunyai materi pendukung utama yaitu, pendahuluan, tugas dan tanggungjawab, mekanisme, penjelasan umum, serta jadwal pendataan.
Juknis Pendataan Peserta UN 2019 PDF Tahun Pelajaran 2018/2019 (SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK)
Juknis Pendataan UN
Pendataan calon peserta ujian sudah menjadi agenda setiap tahunnya, tentu saja hal ini bukan menjadi persoalam yang serius bagi rekan-rekan operator yang sudah terbiasa mengerjakannya. Tetapi terkadang ada beberapa hal yang diperbaharui dalam aplikasinya oleh tim manajeman puast puspendik ketika memasuki tahun ajaran baru dengan tujuan menjadikan sistem lebih berkembang dan mudah digunakan oleh pengguna khususnya meraka yang menjadi petugas pendataan.

Beriku ini beberapa materi penjelasan dalam juknis pendataan calon peserta un 2018/ 2019, jika ingin lebih lemgkapnya silahkan unduh di bagian bawahnya.

Mekanisme dan Alur pendataan
1) Pendataan tingkat pendidikan SMP, SMA, SMPTK, SMTK, SMK, SMAK, dan SLB dikerjakan melalui aplikasi kemdikbud DAPODIK DIKDASMEN (Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah).

2) Pendataan tingkat MA, MTs, Wustha, Pondok Pesantren Salafiyah dan Ulya diproses melalui Pendis Education Management Information System.

3) Pendataan tinkat Paket B dan Paket C (SKB/ Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) diproses lewat aplikasi DAPO PAUD DIKMAS.

4) PONPES yang melaksanakan pendidikan kesetaraan dengan melalui ijin operasional pendirian dari Dinas Pendidikan akan di data melalui DAPO PAUD & DIKMAS, jika ijin pendirian dari KEMENAG didata lewat EMIS.

5) Perbaikan data siswa misalnya seperti nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir, dan NISN dapat dilakukan pada saat proses pendaftaran calon peserta ujian nasional dalam sistem Verval PD untuk indentitas lainnya Dapodik. Madrasah dan Pondok Pesantren Salafiyah seluruhnya dilakukan pada sistem EMIS.

6) Alamat website laman pendataan UN 2019 sebagai berikut.
Alamat Pendataan
7) Calon peserta yang berasal dari Sekolah di luar negeri atau Pondok Pesantren Mu’adalah yang tidak memiliki SHUN/Ijazah jenjang sebelumnya wajib memiliki Surat Keterangan Kesetaraan dari instansi yang berwenang (Kemdikbud atau Kemenag).

8) Pencatuman bulan lahir sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia.

9) Pengkodean nomer peserta UN untuk kode sekolah dirubah dari tiga menjadi empat digit angka dengan menambahkan angka nol di awal dan termasuk kode nomer urut siswa. Lihat gambar berikut ini.
Pengkodean
Alur proses pengolahan data calon peserta ujian nasional dilakukan dengan melalui DAPODIK – PDUN, yaitu seperti yang terlihat pada bagan dibawah ini.
Alur Pendataan
Sekolah/SKB/PKBM memuktahirkan data siswa/sekolah pada sistem DAPODIK dan Verval PD, mengunduh file *.DZ/berita acara/DCP dari laman pdun.data.kemdikbud.go.id;  Satuan pendidikan menyerahkan BA dan DCP ke pengawas sekolah untuk di verifikasi dan validasi data calon peserta UN (CAPESUN);  Satuan pendidikan mendaftarkan CAPESUN ke Pengelola data kabupaten/kota atau Cabang Dinas Provinsi dengan melampirkan file *.DZ/*.EZ, BA, dan DCP.

Juknis Pendataan UN 2019 PDF Tahun Pelajaran 2018/2019 (SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK) >> DOWNLOAD

Demikian paparan singkat juknis pendataan calon peserta UN 2019, terimakasih.

0 Response to "Juknis Pendataan Peserta UN 2019 PDF Tahun Pelajaran 2018/2019 (SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel